Apa yang kamu lakukan di akhir pekan?

  • Blog
  • Jati 
akhir pekan

Akhir pekan merupakan waku yang (biasanya) kebanyakan orang nantikan setelah melewati hari kerja, meskipun ada yang bekerja waktu akhir pekan, tapi ini hanya berlaku jika kamu memiliki waktu luang di akhir pekan.

banyak aktivitas seru yang bisa diakukan sebenarnya pada akhir pekan, baik itu bersama keluarga, teman, atau bahkan sendiri. dan ini adalah beberapa aktivitas yang aku lakukan untuk mengisi akhir pekan minggu ini

1. Membuat daftar hal yang akan dilakukan (to do list)

Aku tidak suka jika semuanya terlihat berantakan, meskipun hal kecil akan membuatku mudah frustasi. oleh karena itu aku perlu membuat to do list semingu kedepan. untuk membuatnya juga biasanya tidak dengan sekali tulis, Aku biasanya mencari referensi apa yang orang lain lakukan karena terkadang itu bisa menjadi inspirasi buatku dan meskipun pada akhirnya aku akan menyesuaikan dengan kemampuanku.

dengan membuat to do list aku bisa memahami diriku, seperti apa yang aku lakukan minggu kemarin, apakah semua hal yang ingin aku lakukan tidak terlaksana atau bahkan semua meleset. dengan begitu aku bisa mengevaluasi diriku.

Aku juga memasukkan kegiatan seperti ingin melakukan sesuatu yang bukan menjadi perhatianku, seperti membantu pekerjaan teman atau orang lain. Intinya menyediakan waktu untuk melakukan sesuatu kepada orang lain.

2. Membaca buku

Akhir pekan ini aku akan mengisi waktu dengan membaca buku. aku masih punya beberapa buku yang belum selesai aku baca, seperti Rich Dad Poor Dad oleh Robert T. Kiyosaki. dan beberapa daftar bacaan di Quora yang sudah aku simpan (bookmark) untuk aku baca akhir pekan ini. Aku lebih suka membaca quora daripada twit acak di twitter atau berita di facebook. Memang tidak sebanding, tetapi jika aku ingin membaca berita biasanya dari suara, tempo.co, kumparan, detik.

Baca juga: rekomendasi buku yang layak kamu baca

3. Merapikan kamar

Biasanya aku terlalu malas untuk urusan ini, meskipun terlihat hal sepele tapi kenyataannya bisa membuat mood lebih baik. Dan jika terlalu sibuk dengan kegiatan harian, membuat kamar menjadi tidak terawat. Nah, daripada waktu di akhir pekan hanya menghabiskan untuk bermalas-malasan saja, taka ada salahnya untuk menggerakan badan dan bersihkan kamar.

4. Olahraga

Aku tipe orang yang malas berolahraga, karena setiap pergi keluar pasti pakai sepeda motor, meskipun kurang dari 1km. Tapi aku percaya bahwa olahraga merupakan kegiatan yang seru untuk dilakukan, selain bisa membuat tubuh lebih sehat juga bisa membuat perasaan lebih senang. karena akhir pekan ini aku hanya di flat, aku berencana jalan kaki setiap pergi keluar. Tubuhku sudah cukup tua untuk bermalas-malasan.

Untuk memantau aktivitasnya biasanya Aku pakai aplikasi google fit dan smart watch mi fit. Aku sangat terobsesi melihat grafik dan terukur. jadi aku akan tahu progresnya.

5. Menulis

Beberapa bulan ini aku menjadi suka menulis, entah itu bermanfaat atau apapun yang ada dikepalaku. Aku percaya bahwa menulis adalah salah satu aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di akhir pekan. Menulis juga bisa menjadi cara untuk meluapkan isi hati yang mungkin tak bisa diungkapkan. atau juga bisa menumbuhkan kreativitas. Aku menuangkan hobi menulis lewat blog ini dan menulis jawaban untuk beberapa pertanyaan di Quora. setidaknya aku bisa membantu orang lain.

6. Belajar bahasa asing

Belajar bahasa asing sangat menantang buatku. Aku masih memperdalam bahasa inggrisku dan mencoba belajar bahasa lain yaitu rusia. hidup di abad 21 tidak akan afdol kalo tidak mengerti bahasa inggris. banyak manfaat jika kita tahu bahasa asing, seperti bisa berkomunikasi dengan penutur aslinya, bisa membaca buku bahasa asing, atau membantu jika kita travel ke negara lain.

Untuk bahasa inggris, aku punya guru langsung dari amerika, dia penutur asli dan secara tidak langsung aku belajar aksen english american. Dulu aku sempat suka aksen british karena terlihat keren, tapi setelah aku tahu gimana rasanya american accent, aku langsung pikir bahwa, ya ini adalah aksen yang sesuai dengan tipeku, orang amerika suka menggabungkan kata-kata jadi terlihat ringkas dan terkesan malas, seperti tipeku.

Minggu ini aku belajar Common phrase in American atau frase umum dalam inggris amerika. aku belajar dari youtube linguamarina. tapi setelah aku konfirmasi dengan guruku amerika, dia bilang bahwa tidak semuanya bisa aku ucapkan karena ada beberapa frase yang mungkin populer 10 tahun lalu, jadi jika diucapkan sekarang itu terlihat sedikit aneh. thank to my teacher <3

Untuk bahasa Rusia aku belajar pake buku “Praktis Rusia dalam 1 Minggu” oleh Laura gracefull. Aku juga punya teman dari rusia yang membantu aku belajar bahasa rusia, terkadang kami membaca dialog dari buku secara langsung maupun pesan suara sehingga aku bisa mendengarkan berulang kali. Belajar bahasa rusia juga tidak mudah dan ada tantangan tersendiri. ini ada beberapa tantangan menurut RBTH.

Menurutku punya guru dari penutur asli itu perlu karena buku ini juga ditulis oleh orang Indonesia dan meskipun sangat bagus untuk orang Indonesia tapi penutur asli lebih tahu mana yang lebih natural.

Jadi itu semua yang aku lakukan di akhir pekan selama minggu ini, tidak ada yang spesial. bagaimana denganmu, apa yang kamu lakukan di akhir pekan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *