Apakah kursus online seperti Coursera dan edX worth it?

kursus online

Hai! ini adalah opiniku tentang kursus daring (online) yang banyak di internet sebagai alternatif pembelajaran di kelas. sebelum lebih jauh membahas tentang kelayakan kursus online khususnya Coursera dan edX, alangkah lebih baiknya kita menyamakan definisi tentang kursus daring.

Apa itu kursus online?

Kursus online adalah cara untuk mempelajari keterampilan baru atau mendapatkan pengetahuan baru dari jarah jauh atau tanpa tatap muka langsung dan dilakukan secara online. kursusnya ada yang berbayar dan ada yang ditawarkan secara gratis. 

jadi poin yang ingin aku sampaikan adalah kursus yang dilakukan online, kelas virtual, dan waktunya fleksibel. Meskipun sangat tergantung pada jenis kursus online yang ditawarkan seperti kursus online dari lembaga pendidikan, kursus universitas, lembaga pelatihan, mooc, maupun situs e-learning.

Alasan mengikuti kursus online

Tujuan orang mengikuti kursus online sangat bervariasi. Ada yang ingin menambah pengetahuan baru dan memperluas wawasan, ada juga yang harus belajar ekstra demi karir atau demi lulus mata kuliah yang sedang mereka tempuh.

Aku pribadi mengikuti kursus online adalah untuk menambah wawasan dan aku suka belajar hal baru. Selain itu juga sangat suka dengan metode dan cara penyampaian materinya. Sebagai contoh beberapa waktu lalu aku mengikuti kursus Google IT Professional Certificates yang ditawarkan Google lewat Coursera.

Aku mengikutinya karena ingin mengetahui bagaimana tim Google penyampaian materi, bahan, serta tingkat lanjutnya. Kurikurum yang ditawarkan memang terlihat inovatif, dan terstruktur. Instrukturnya juga sangat passionate dalam mengajar dengan segala latar belakang. program ini memperkenalkan aku pada pemecahan masalah, layanan pelanggan, jaringan, sistem operasi, administrasi sistem, dan keamanan. sungguh menarik bukan? itu adalah semua fondasi yang perlu kamu ketahui dalam dunia IT dan kabar bagusnya adalah Aku belajar langsung dari pakar IT seperti Google.

Pertanyaan yang seharusnya kamu tanyakan

Yang menjadi pertanyaan adalah: “apakah kursus tersebut akan berguna sewaktu melamar pekerjaan?” , apakah kursus online sepadan dengan waktu yang kamu habiskan?, apakah kursus online sepadan dengan waktu yang kamu habiskan?

pertanyaan ini sangat relatif menurutku, tapi inilah beberapa pertanyaan yang perlu kamu jawab untuk mengetahuinya.

  1. Apakah kursusnya ditawarkan oleh pembelajaran online yang sudah terkenal dan reputasinya bagus? kamu bisa mencari tahu di internet dan dengan cara ini kamu akan mengetahuinya dan bukan sebuah tipuan atau pada akhirnya akan sepadan dengan waktu yang kamu habiskan.
  2. Berapa lama kursus tersedia setelah kamu mendaftar? Jika kamu mendaftar baik itu berbayar atau gratis, apakah waktu yang diberikan untuk menyelesaikan kursus cukup? Salah satu kualitas terbesar dari pembelajaran online adalah bahwa mereka menawarkan pendidikan mandiri. Jika itu tidak diberikan, kamu mungkin tidak harus mempercayainya.
  3. Apakah kursus online dilengkapi dengan semacam sertifikat yang membuktikan bahwa Anda telah mengambilnya? Ini sangat penting karena mungkin memainkan peran penting dalam karier kamu.

Alasan kursus online worth it

Jadi apakah kursus online worth it? jawabannya Iya, tapi tergantung institusi yang menawarkan. Di sini aku mencontohkan kursus online dari Coursera dan edX, jadi aku bisa katakan kedua institusi tersebut mempunyai reputasi yang bagus, kurikulum yang inovatif, pengajar ahli dari perusahaan maupun dari kampus ternama dunia, bahkan sebagian besar merupakan terbaik di dunia. Katakanlah Google, IBM, Microsoft, Harvard, Stanford, MIT, semua bisa kamu jumpai di edX dan sebagian Coursera.

Apakah akan berguna sewaktu melamar pekerjaan?

Dengan mengikuti kursus online kamu akan memperoleh Nilai tambah saat melamar pekerjaan. Dengan mengikuti kursus tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengetahuan lain yang aku ketahui di samping ilmu yang diperoleh di universitas. penyedia lapangan kerja juga tentu lebih senang dengan karyawan yang punya pengetahuan luas dan terampil dalam melakukan banyak hal. Kegiatan mengikuti kursus juga menandakan bahwa kamu adalah orang yang mempunyai keinginan kuat dan suka belajar tentang hal-hal yang baru.

sertifikat yang didapat juga berguna sebagai bukti bahwa kamu telah menyelesaikan serangkaian program dari kursus yang ditawarkan. Ada tahap tertentu yang membuat sertifikat mungkin sangat berpengaruh. misalnya Kalau pihak HRD menyeleksi dua kandidat yang memiliki kualifikasi yang persis sama tapi satunya menyertakan sertifikasi dari edX dan Coursera, kemungkinan besar si perekrut akan memilih yang kedua karena dia memiliki nilai tambah.

Kursus online vs pembelajaran akademik

Kalau menurut pandanganku, pembelajaran akademik di kampus belum bisa menggantikan gelar dari kursus online. Tentu saja ada beberapa faktor yang menentang metode pembelajaran jarak jauh. Beberapa orang mengatakan mereka merasa kesulitan untuk mengatur rutinitas mereka sendiri, membuatnya lebih mudah untuk terbiasa dengan kelas pada waktu dan lokasi yang ditentukan.

Yang lain percaya bahwa platform kursus online tidak memungkinkan pembelajaran yang sama, karena mereka percaya mereka perlu berinteraksi dengan guru dan kolega sehingga perolehan pengetahuan yang sebenarnya tercapai. atau faktor lain yang tidak aku ketahui dan merupakan kebijakan dari penyelenggara kursus.

sebagai contohnya kursus yang ditawarkan Stanford Online lewat coursera mereka mengklaim bahwa kursus tersebut seperti pembelajaran ekstra, dan tidak termasuk kredit semester. dan tentu saja hal ini sepertinya pihak stanford menekankan bahwa pembelajaran di kelas jauh lebih baik dan tidak setara online course.

Contoh kasus lainnya adalah Sertifikat Profesional Dukungan TI Google lewat Coursera. kabar baiknya adalah Sertifikat Profesional Dukungan TI baru-baru ini mendapatkan rekomendasi kredit dari American Council on Education’s (ACE) ACE CREDIT ®, yang merupakan standar industri untuk menerjemahkan pembelajaran di tempat kerja menjadi kredit perguruan tinggi. Sekarang, pelajar dapat memperoleh rekomendasi 12 kredit perguruan tinggi untuk menyelesaikan program – setara dengan empat mata kuliah perguruan tinggi di tingkat gelar associate. Ini bertujuan untuk membantu membuka jalur tambahan bagi pelajar yang tertarik dengan pendidikan tinggi, dan mempersiapkan mereka untuk pekerjaan tingkat awal. jadi intinya worth it ya.

Keuntungan kursus online di Coursera atau edX

  1. Waktu yang fleksibel. Meskipun ini sangat tergantung dari jenis kursusnya,tapi dari pengalaman kursus di Coursera dan edX yang berbasis MOOC menawarkan kursus yang fleksibel. jadi aku bisa menyelesaikan kursus kapan saja berdasarkan kecepatanku, dan membuat deadline sendiri.
  2. Menambah wawasan. kamu bisa menambah ilmu dan tidak hanya didapat dari pendidikan formal, lewat kursus ini salah satunya.
  3. Belajar dari mana saja. Kursus yang ditawarkan adalah 100% online, dan tidak ada persyaratan tatap muka.
  4. Pengalaman diajar oleh instruktur ahli. aku percaya bahwa instruktur mengajar yang mengajar di kelas akademik juga profesional dan ahli di bidangnya. tapi tidak ada salahnya kalian mencoba kursus ini untuk mengetahui bagaimana cara mengajarnya dan metodenya.
  5. Materi Bisa Diulang dengan Mudah. dalam belajar online, kamu bisa mengulang materi sepuasnya sampai kamu paham misalnya dengan putar ulang video yang sudah diberikan oleh instruktor.

Kekurangan kursus online

  1. Bisa menjadi bumerang. faktanya adalah ada beberapa perusahaan yang bahkan tidak melihat CV atau gelar, mereka lebih tes skill saat wawancara. Kalau kamu menyertakan sertifikat tapi begitu di-tes ternyata gak bisa apa-apa, bisa jadi bumerang bagi diri sendiri.
  2. Mudah manipulasi kecurangan. Terkadang seseorang yang mengambil kursus online hanya untuk ingin mendapatkan gelar atau sertifikat semata tanpa memahami materi yang dipelajari. pada dasarnya sertifikat hanya sebagai bukti kamu telah menyelesaikan proses. apabila dalam proses tersebut tidak dapat dijamin bahwa yang mengerjakan proses adalah si pemilik sertifikat, apakah sertifikat tersebut dapat dipercayai?

Kesimpulan

pada akhirnya, kursus online Jadi apakah worth it? jawabannya Iya, tapi tergantung institusi yang menawarkan. aku sangat menyarankan kamu memilih edX dan Coursera jika ingin mengikutinya. disamping itu, kursus online juga ada sisi positif dan negatifnya.

jika kamu tertarik mencoba kursus di coursera, baca cara mendapatkan financial aid coursera.

3 tanggapan pada “Apakah kursus online seperti Coursera dan edX worth it?”

  1. Pingback: 4 Langkah Mudah Untuk Mendapatkan Bantuan Keuangan Di Coursera • Wruhantojati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *