4 langkah mudah mendapatkan financial aid Coursera

financial aid coursera

 

Hai! Ini adalah pengalamanku mendapatkan financial aid atau bantuan keuangan untuk kursus di Coursera. Aku baru-baru ini mengambil Kursus IBM Customer Engagement Specialist Professional Certificate. Jika kamu tertarik, kamu dapat melihatnya di sini. Ngomong-ngomong, Kursus ini cukup mahal yaitu $99 USD atau sekitar Rp. 1,4 juta rupiah untuk seseorang yang tinggal di negara berkembang atau untuk mahasiswa.

Apa itu Coursera?

Sebelum kita menyelam lebih dalam, mungkin kamu belum tahu tentang Coursera. Menurut Wikipedia, Coursera adalah platform pembelajaran online di seluruh dunia yang didirikan pada tahun 2012 oleh profesor ilmu komputer Universitas Stanford Andrew Ng dan Daphne Koller yang menawarkan kursus online terbuka besar-besaran (MOOC), spesialisasi, gelar, kursus profesional dan mastertrack.

Coursera bekerja sama dengan universitas dan organisasi lain untuk menawarkan kursus online, sertifikasi dan gelar dalam berbagai mata pelajaran. Bidang yang ditawarkan adalah teknik, ilmu data, pembelajaran mesin, matematika, bisnis, ilmu komputer, pemasaran digital, humaniora, kedokteran, biologi, ilmu sosial, dan lain-lain. Jadi intinya coursera adalah kursus yang ditawarkan secara online dan ada banyak pilihan kursus dan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus.

Baca juga: Apakah kursus online coursera worth it?

Berapa biaya kursus di Coursera?

Biaya kursus di coursera ada beberapa yang gratis, dan berbayar. Untuk kursus yang gratis, kamu dapat segera mengakses semua fitur kursus tanpa membayar sertifikat. Tetapi untuk kursus berbayar, kamu harus membayarnya atau mengajukan permohonan financial aid jika kamu tidak mampu membelinya. Saat membeli Sertifikat, kamu akan memiliki akses ke semua materi kursus, termasuk tugas yang dinilai. 

Setelah menyelesaikan kursus, Sertifikat elektronik akan ditambahkan ke halaman Prestasi. Kamu dapat mencetak sertifikat atau menambahkannya ke profil LinkedIn. Jika kamu hanya ingin membaca dan melihat konten kursus, maka kamu tidak perlu membayarnya

Mengajukan permohonan financial aid Coursera

Coursera menawarkan financial aid kepada siswa yang kurang mampu seperti saya. Siswa dengan financial aid akan dapat mengakses semua konten kursus dan menyelesaikan semua pekerjaan yang diperlukan untuk mendapatkan Sertifikat Kursus. Bantuan Keuangan dan Beasiswa hanya berlaku untuk kursus yang aplikasinya disetujui. 

Sebagian besar kursus menawarkan financial aid, tetapi ini mungkin tidak tersedia untuk kursus tertentu. Juga kita hanya dapat mengajukan permohonan financial aid untuk satu kursus saja. kemudian dapat mengajukan permohonan lagi jika tertarik atau ingin menyelesaikan program spesialisasi.

Cara mengajukan financial aid

Bagaimana cara mendapatkan financial aid coursera? jadi untuk mendapatkan financial aid coursera, kamu harus menyelesaikan aplikasi yang mencakup informasi tentang latar belakang pendidikan, tujuan karir, dan situasi keuangan kamu. dan Berkomitmen untuk mematuhi Kode Kehormatan dan Kode Etik. Ikuti langkah-langkah mudah berikut:

  1. Pilih kursus yang ingin kamu ambil. Dalam hal ini Sertifikat Profesional Spesialis Customer Engagement IBM. Di samping tombol enroll ada kata “financial aid available”. Dan pilihibm coursera (bahasa Indonesia)
  2. Klik Continue to the appication. Itu artinya kita melanjutkan permohonan aplikasiPermohonan continue to the application
  3. Periksa dan salin kalimat pernyataan. Centang semua yang Anda berkomitmen untuk menyelesaikan kursus sampai akhir, dan salin kalimat itu ke kolom yang disediakan.
    lembar pernyataan bantuan keuangan
  4. Isi formulir sesuai dengan kondisi nyata. Untuk jawaban ini, saya akan menyarankan beberapa poin untuk dimasukkan dalam jawaban ketika mengklaim bantuan keuangan.

formulir permohonan bantuan keuangan

Why are you applying for Financial Aid? artinya mengapa kamu mengajukan bantuan keuangan

  • Beri tahu mereka tentang latar belakangmu.
  • Pendapatan individu orang tuamu dan membandingkannya dengan pendapatan rata-rata negara.
  • Skenario pendidikan kamu saat ini dan referensi masa depan.
  • Minat kamu dalam topik itu.
  • Perencanaan masa depan untuk mengejar kursus ini.

How will taking this course help you achieve your career goals? artinya Bagaimana mengambil kursus ini akan membantu Anda mencapai tujuan karir Anda?

  • Beri tahu mereka tentang tujuan masa depan kamu untuk mengikuti kursus ini.
  • Bagaimana kamu akan termotivasi untuk menyelesaikan kursus ini.
  • Jelaskan kepada mereka bagaimana kamu akan berkontribusi pada komunitas dan forum.
  • Jelaskan bahwa kamu akan mengikuti Kode Etik dan membantu orang lain dalam sesi diskusi.
  • Juga memberitahu mereka bagaimana kamu akan mendapatkan keuntungan dari kursus ini.

Would you consider using a low-interest loan to pay for your courses? artinya apakah kamu tertarik menggunakan pinjaman bunga rendah untuk membayar kursus? Aku memilih Tidak karena aku tidak tertarik untuk mengajukan pinjaman saat mendaftar kursus ini.

Kapan aplikasi financial aid coursera diterima?

Setelah mengirim aplikasi, akan memakan waktu sekitar 15 hari untuk menunggu, kita akan mendapatkan respons email dari Coursera. Email ini akan dikirim ke alamat email yang digunakan untuk membuat akun Coursera. Setelah aplikasi Anda disetujui, Anda dapat segera belajar di situs web Coursera.

financial aid coursera disetujui

Bagaimana jika financial aid ditolak?

Jika permohonan kamu ditolak, kamu akan mendapatkan email pemberitahuan. Email tersebut akan menjelaskan mengapa aplikasi kamu ditolak, sehingga kamu dapat memperbaiki masalah dan mendaftar lagi. Itu adalah sumber dari pihak Coursera, karena terus terang Aku belum pernah ditolak jadi kurang tahu lebih detailnya.

Okay Semoga sukses. Terima kasih sudah membaca pengalaman aku mendapatkan bantuan keuangan di Coursera.Semoga beruntung 🙂

1 tanggapan pada “4 langkah mudah mendapatkan financial aid Coursera”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *