Pengalaman Lihat Sunrise di Gunung Andong

sunrise di gunung andong

Pulau Jawa memiliki banyak sekali gunung yang menjulang tinggi dari tepi timur sampai ke tepi barat. Gunung andong salah satunya. dengan ketinggian 1726 mdpl, gunung ini bisa dikatakan cocok untuk pemula. Puncak Andong atau dalam bahasa inggris berarti Andong Peak ini terletak di Magelang, Jawa Tengah dan dikelilingi gunung-gunung tinggi di sekitarnya.

Lokasi gunung Andong

Lokasi Gunung Andong berada di kecamatan Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, jawa Tengah atau jika penasaran bisa dilihat langsung di google map di sini. Letaknya yang strategis membuat kita bisa melihat pemandangan gunung-gunung yang menjulang tinggi. dari sini kamu bisa melihat gunung Merapi, gunung Merbabu, juga bisa melihat landscape kota Salatiga dan Solo.

September 2018 adalah bulan dimana aku mulai pendakian puncak Andong bersama rekan-rekanku. dan ini adalah kesekian kalinya aku mendaki gunung setelah sekian lama vakum mendaki. ya walaupun amatiran tapi setidaknya pernah mendaki lah sebelumnya. bukan pengalaman yang buruk untuk dibilang pemula.

Berbekal Peralatan Seadanya

Berhubung aku tidak punya alat-alat pendakian jadi aku harus menyewa di tempat rental alat pendakian, kebetulan waktu itu lokasinya di Wates. tidak harus disini, karena berhubung lokasinya dekat dengan tempat aku tinggal ya jadilah nyewa disini. jadi total alat alat yang aku bawa ditambah alat yang nyewa yaitu Senter, jaket, sarung tangan, masker, sepatu, kaos, kaos kaki, celana panjang, sleeping bag, tenda, matras, handphone, camera, powerbank, kompor+bahan bakar, panci kecil, mie instan, kopi instan dan jahe susu, topi, pasak, gelas, air minum, makan secukupnya (roti, cemilan), tas carry. kayaknya cuma itu dan berharap tidak ada yang terlewat.

Berangkat dari rumah (waktu itu dari wates sekitar jam 10) cukup siang memang untuk sebuah hal yang disebut “ngaret”. menuju suatu tempat di utara dengan sepeda motor matic melewati jalan raya, bukit, dan area persawahan. sesekali di sepanjang perjalanan ini perlu dinikmati. saat akan sampai di lokasi post pendakian ,udara sekitar sangat sejuk dan segar, bener-bener alami. disuguhkan dengan perkebunan warga sekitar yang sangat hijau membuat perjalanan tidak terasa melelahkan.

Sampai di Basecamp

17:06 WIB sampailah di bescamp untuk registrasi pendakian dengan biaya 4000 per orang. ini perlu karena demi keamanan sekiranya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. saat itu kami memutuskan untuk mendaki setelah salat maghrib, sambil istirahat sejenak dari perjalan jauh. di basecamp pendakian menyediakan teh panas gratis bagi siapapun, hmm lumayan lah cocok untuk penghangatan tubuh di suhu yang lumayan dingin. walaupun masih dibawah.

Hal unik sepanjang perjalanan

Dan akhirnya berangkatlah kami dengan senjata senter untuk penerangan karena hari sudah gelap. oh ya sebenarnya ada tiga jalur pendakian menuju puncak andong yaotu melalui Dusun Sawit, Gogik, dan Pendem. oke lanjut, saat diperjalanan, track yang dilalui pun tidak lah sulit karena sebagian besar merupakan rerumputan dan tanah yang bentuknya seperti anak tangga. ada juga beberapa track yang dikelilingi pohon pinus. tidak ada titik ekstrem ditemukan sepanjang perjalanan ditambah sudah ada petunjuk arah di yang menunjukkan jalur menuju puncak. ada dua pos yang bisa digunakan untuk istirahat dan berteduh. ada hal unik saat mendaki, karena letaknya bersebrangan dengan gunung merbabu, jadi kami bisa melihat sorot lampu senter dari pendaki lain (merbabu).

3 jam kemudian sampailah kami dipuncak. Saat sampai di puncak kami menemukan sudah banyak tenda-tenda yang didirikan. cukup ramai waktu itu. Kami mencari tempat yang sekiranya kosong dan langsung mendirikan tenda karena hari sudah cukup malam dan udara terlalu dingin. tidak banyak aktivitas yang dilakukan dimalam hari selain ngopi dan tidur. pemandangan dari puncak pun sungguh menakjubkan pada malam hari, kamu bisa melihat kota salatiga dari sini.

Yang ditunggu-tunggu

Bangun jam 5 pagi terasa telat untuk melihat sunrise karena sudah banyak orang yang keluar dari goanya masing-masing. kami bergegas untuk melihatnya. dan itulah penampakan sunrise dari gunung Andong. Baca juga Curug Silangit : Air terjun tertinggi di Purworejo